Just another WordPress.com site

Hai! Teman temen kemarin saya baru saja dari PVJ dan menemukan sesuatu yang sangat menarik dan worth to try bgt, namanya ice cream gentong!

Lain kali klo temen temen ngeliat logo ini langsung aja samperin dan cobain eskrimnya. Penilaian pas pertama kali liat…..

Facts

#1 Dengan design yang keliatan bgt niat dan sangat eye-catching hmm pertama kali liat dikirain eskrim merk dari luar negeri.

#2 Begitu mikir lagi, sejak kapan gentong itu merupakan bahasa luar?

#3 Ooooooh ini pasti merk local nih pas liat pilihan rasanya yang ternyata ada durennya yang merupakan buah favorit saya.

Penilaian pertama saya ini ternyata ga jauh beda sama penilaian temen-temen lain yang ternyata udah pernah nyobain dan mereka pun merekomendasikan ke orang lain. Eskrim gentong punya 10 rasa diantaranya rasa duren dan rasa nangka yang Indonesia banget, eskrim gentong juga harus diacungi jempol karna udah berani menampilkan rasa baru seperti nangka.

Setelah memahami rasa rasa eskrim yang tersedia, paling pas sih memang mencoba rasa-rasanya sampai khatam. Eskrim gentong berbeda banget sama eksrim eskrim local lain, perbedaannya…..

#1 Rasanya benar benar menggambarkan rasa aslinya, buat contoh Indonesia memang sudah kedatangan banyak banget produsen eskrim premium yang mencoba bersaing di pasar ini, namun produknya kurang bisa bersaing, berbeda dengan ice cream gentong yang rasanya sangat kuat serta tektur eskrim yang sangat lembut.

#2 Kemasannya, seperti yang saya singgung di awal hampir saja saya menyangka kalau eskrim ini buatan luar negeri karena branding yang terlihat futuristic, muda dan riang. Hal ini memungkinkan eskrim gentong dapat bersaing dengan eskrim premium luar negeri lainnya seperti Haagen dazs atau Baskin

#3 Promosinya! Selain branding yang udah kuat, promosi yang baik tentunya akan membatu mensukseskan produk ini bukan? Lihat saja contoh promotion materialnya dibawah ini

BUSINESS MODEL

Value Proposition, A Taste of Nostalgia.

Dilihat dari sini, Ice Cream gentong ingin memberikan dan mengembalikan pengalaman dan ingatan kita mengenai ice cream, selain itu seperti yang keliatan dari promotional kitnya bisa disebut Ice Cream Gentong trying to be the first go international local premium ice cream that will swing your mind by it’s taste and softness.

Core Capabilities, 10 eskrim dengan cita rasa yang kuat dengan mengedepankan rasa duren dan nangka yang langka dan sangat Indonesia, eskrim ini juga dibuat dengan rasa buah buahan segar seperti yang disebutkan di websitenya.

Partner Network, yang paling utama dengan pemerintah! Agar semua eskrim premium dari luar negeri gabisa masuk Indonesia! HHAHAHAHAHA ga deng itu hanya ide sangat brutal. Partner network yang pertama menurut saya adalah media karna sekarang ini kebebasan media sangatlah menggila, buat para media menyukai anda selanjutnya berita positif tentang anda akan ada dimana mana. Lalu ini yang paling saying rasa cocok, akhir akhir ini banyak sekali fashion blogger atau tokoh tokoh dunia maya yang banyak jadi idola, seperti contohnya Fashion Blogger, Diana Rikasari. Blognya dikunjungi ratusan orang setiap harinya. Dan yang terakhir Katering, yaa ini memang langkah kuno namun jodoh siapa yang tau kan? Siapa tau disuatu acara kecil aka nada bule yang tertarik dengan eskrim ini dan mau membantu pemasarannya keluar negeri? Semua jalan yang bisa ditempuh lebih baik dijalani :p

Target Customer, yang pasti kita semua tahu klo eksrim itu begitu melekat dihatinya anak kecil dan ini sudah sangat dipastikan bahwa dengan menargetkan target anak kecil kemungkinan besar orang tuanya pun akan ikut membeli produk tersebut. Target kedua yaitu remaja, mencermati design yang elegan dan ceria terlihat jelas bahwa target mereka adalah anak muda atau remaja. Dan yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah para orang tua atau biasa disebut baby boomers. Kenapa? Dari taglinenya pun sudah tercerminkan. A taste of nostalgia, tentunya sewaktu kecil mereka suka eksrim kan? Betul sekali! Ice Cream Gentong ingin memberikan kenangan itu lagi.

Customer Relationship, Tentu saja pendekatannya berbeda untuk semua target customernya

Anak kecil ~ setiap membeli eskrim, mereka akan mendapatkan balon yang dibentuk bentuk.

Remaja ~ Menurut beberapa penelitian, remaja dikenal dengan kebiasannya yang bergerombol maka untuk memuaskan para remaja eskrim membuat program, bayar 1 untuk 2 dan bayar 3 untuk 5.

Orang tua ~ tentu saja program membership yang ditujukan untuk anak anak mereka kelak.

Distribution Channel, Tujuan untuk Go International menyelaraskan distribution channelnya, Ice Cream Gentong akan melakukan promosi besar besaran di semua tempat wisata yang ada di Indonesia, lagi lagi tujuannya adalah demi menjadikan Ice Cream Gentong Top of Mind produk premium eskrim di Indonesia.

Cost Structure,

  • Production cost
  • Promotion cost
  • Distibution cost

Revenue Stream, untuk hal ini tentu saja yang paling utama akan didapatkan dari penjualan eskrim tersebut, namun Ice Cream melayani franchise yang memungkinkan juga pendapatan dari sana, selain itu kemungkinan revenue terus akan bertambah karena keinginan Ice Cream Gentong untuk meluaskan sayap flavour daripada eskrim tersebut.

Conclusion

#1 Ice Cream Gentong mempunyai kualitas yang sama malah lebih baik daripada eskrim luar negeri seperti Haagen Dazs atau Baskin Robins.

#2 Branding dari Ice Cream Gentong sudah sangat baik, hal ini baik karena manajemen dari Ice Cream Gentong memikirkan branding yang merupakan pembuka dari segala kemungkinan yang ada.

#3 Langkah Ice Cream Gentong dalam membuat eskrim rasa khas Indonesia seperti Duren dan Nangka diharapkan juga akan memperlihatkan sisi positif Indonesia di muka dunia.

SUMMARY DURING THE COURSE

#Business Model around me

“Hello my name it’s business model”, yaa saya ingat dipelajaran ini saya banyak sekali behubungan dengan business model, dari hanya memperhatikan, mempelajari, sampai membuat suatu business plan yang menarik. Lebih serunya! Sebuah business model menurut saya suatu gambaran yang sangat simple namun berguna karena menjelaskan segala aspek penting yang harus diperhatikan dalam memasarkan suatu produk.

#Being Creative and full of innovation is being out of the box, saya masih ingat tentang perkataan sang dosen tamu yang jatuh bangun mencoba mempromosikan filmnya dengan cara yang out of the box diluar dari kebiasaan yang ada. Semua jalan yang tadinya tabu ternyata menjadi jalan yang paling efisien.

#Green Course, tentu saja! Semua tugas dilakukan dengan media blogging seperti ini, it’s a good thing why? Yaaa isu bumi yang sedang marak sekarang. Menurut saya kelas ini lebih menyenangkan karena isi tugasnya benar benar green! Selain kita berguru kepada mbah google dalam mencari info kita juga blogging sehingga dikumpulkan secara maya, jadi baik pengerjaan maupun pengumpulan jauh lebih mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: