Just another WordPress.com site

Creativity and Innovation

Creative dan Innovation sebenarnya bila didengar secara sekilas saja akan menimbulkan pengertian yang hampir sama.

Kalau dijelaskan secara produk mungkin kita bisa mengambil Ipad sebagai contohnya

Produk orisinil : 

Baiklah saya mengerti bahwa mungkin banyak yang langsung protes begitu saya bilang Ipad sebagai produk orisinalnya padahal Ipad sangat kreatif dan berinovasi tinggi, namun tolong didengarkan dahulu..

 

CREATIVE

According to Wikipedia : Creativity refers to the phenomenon whereby a person creates something new (a product, a solution, a work of art etc.) that has some kind of value. What counts as “new” may be in reference to the individual creator, or to the society or domain within which the novelty occurs. What counts as “valuable” is similarly defined in a variety of ways.

Jadi klo diambil kesimpulan dari artinya Kreatif, itu sesuatu yang sangat out of the box, berani untuk menciptakan hal hal yang baru yang mungkin bisa memberikan kepuasaan kepada penikmatnya.

Sebagai bentuk nyata sebuah produk kreatif, saya memilih

Ipad Buatan China!

Kenapa? Karena menurut saya produk ini sangan kreatif loh, sebegitu kreatifnya orang orang china ini membuat duplikat Ipad dengan harga yg jauh lebih murah, ini meniru sih tp menurut saya kreatif aja bisa mikir buat membuat hal yang hampir mirip dengan harga yg lebih terjangkau, kreatif dalam pemilihan material sehingga lebih murah.


INNOVATION

According to Wikipedia : Innovation can therefore be seen as the process that renews something that exists and not, as is commonly assumed, the introduction of something new. Furthermore this makes clear innovation is not an economic term by origin, but dates back to the Middle Ages at least. Possibly even earlier. The central meaning of innovation thus relates to renewal. For this renewal to take place it is necessary for people to change the way they make decisions, they must choose to do things differently, make choices outside of their norm.

Kalau inovasi, saya punya tanggapan yang berbeda. Membuat sebuah inovasi diperlukan sebuah value added yang seperti telah dijelaskan artinya diatas bahwa memperbaharui apa yang sudah ada.

Samsung Galaxy Tab

Kenapa inovatif? karena tablet yang dibuat oleh samsung dan diberikan kesempurnaan dari apa yang tidak ada di ipad ini sukses memberikan 2 buah kamera yang tidak dipunyai oleh ipad, serta memberikan fasilitas simcard agar lebih handy.

 

Sekianlah arti creative and innovation menurut saya, kreatif saja tidak cukup untuk mewujudkannya diperlukan inovasi yang baik.

Leave a comment